31.8.10

Pilih-pilih Mesin Jahit Portable

Beberapa waktu yang lalu kesukaanku bertambah, dari yang asik crochet/ngerenda, nambah lagi jadi coba-coba jahit. Bukan... bukan baju (kayaknya belum cukup ilmu :P ). Yang pengen kubuat adalah yang lebih simpel, seperti pouch, clutch, messenger bag dll. Nah, untuk itu rasanya perlu mesin jahit. Mulai deh browsing tentang mesin jahit.

Ada artikel bagus dari Mbak Susi yang punya http://rumahjahithaifa.com tentang informasi seputar mesin jahit. Membantu sekali loh, salah satu poinnya kalo disuruh milih antara mesin jahit tradisional dan portabel, kalo untuk pemula mending yang portabel deh, karena banyak pilihan stitch-nya.

Kayaknya aku tertarik pada mesin portable merk S***** dan Jan*** jadi deh browsing Internet, ternyata harganya lumayan... mahal! Hehehe... Dari segi kantong dan keilmuan kayaknya belum mumpuni nih. Aku pengen cari yang portabel tapi simpel buat pemula (yang gak terlalu banyak jenis stitch, karena kalo gak dipake semua kan mubazir fasilitas).

Rada-rada nelangsa sih karena udah berminggu-minggu ngubek toko mesin jahit online belum nemu yang pas (dari sisi bentuk, merk dan kantong). Iseng-iseng coba cek toko mesin jahit di kotaku. Eh, ternyata nemu yang imut dan dengan harga di bawah rata-rata pula (aku dah cek di internet kisaran harganya). Ni dia!

Messina L9


Penjualnya bilang produksinya satu pabrik dengan kakaknya si S***** cuma karena belum seterkenal merk kakaknya, makanya harganya lebih murah. Aku liat juga spare partnya sama persis, baik dari bentuk bahan. Jadi percaya aja deh :P

Sejauh ini aku coba asik banget pakenya, karenanya suaranya halus gak heboh seperti mesin jahit tradisional, dan ada 9 jenis stitch yang bisa dipake termasuk jahit lurus 3 posisi (maksudnya posisi kiri, tengah, dan kanan). Ada satu jenis stitch yang unik bentuknya seperti angka 3 yang diurutkan vertikal, rasanya bisa dipake mirip obras (atau semi obras?) dan bisa juga untuk hiasan border kain. Kalo dijadikan hiasan, ntar pinggiran kain seperti bergelombang.

Trus ada juga fasilitas switching jahit mundur yang sangat berguna untuk memperkuat jahitan. Fasilitasnya seperti kenop yang kalo ditekan jahitan berjalan mundur.

Dalam penjualannya, mesin ini dilengkapi dengan starter kit yang terdiri dari:
- 2 spool benang
- kuas dan minyak mesin jahit
- sepatu pasang resleting, fasilitas untuk pasang kancing dan tatakannya, dan sepatu untuk segala keperluan
- tatakan mesin untuk menutup gigi mesin dari "menggigit" kain (biasanya untuk bordir/embroidery,walaupun untuk fasilitas satu ini harus beli sepatu tambahan (aku udah coba tanpa sepatu khusus embroidery dan hasilnya gak lancar, nyangkut terus di mata jarumnya).
- obeng
- besi pemandu quiliting
Starter Kit



O iya, mesin ini juga dilengkapi dengan lampu di atas kaki jarumnya, jadi gak sampe tebal mata karena gelap-gelap masukin benang ke jarum :D

Kesimpulannya, I'm soooo happy having this sewing machine. Good slender looking, not too crowded with many stitching modes, friendly price and easy to use. Happy sewing everyone! :D

(Semua image diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?p=221151481 )

 

6 comments:

Yuanita a.k.a Tacik said...

Hai mbak..salam kenal...
Saya sekarang belajar jahit dan tertarik banget pengen beli messina yang L34s.
Kalau blh tau mbak belinya dmn? Dalemnya ini logam ya mbak? Dan untuk messina ini sparepart dan aksesorisnya gampang dicari ya mbak?
Maaf banyak tanya karna lagi butuh pencerahan ttg mesin jahit. Makasih mbak....

esti said...

mbak mau tanya.kemarin saya habis beli messina L9 ini.trus pas dicoba dirumah gambar pola jahitannya tisak sesuai dengan gambar.kira2 bisa gx bantu saya untuk mengubah gambarnya sesuai dengan jahitan???
kl bisa, tolong email ke tishankher@ymail.com.

NennyS said...

Krn baru beli, biasanya masih garansi kan? sebaiknya dibawa ke tempat Esti membeli. Saya sendiri kalo ada kesulitan teknis saya tanyakan ke tokonya. Mdh bisa menjawab pertanyaan Esti ya.

yona desi said...

mbak, kalau pakai mesin jahit ini musti kursus kah? atau pemula bisa belajar sendiri?

Riska Putri Ayumi said...

keren gan, thanks ya info nya,,
Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru

Dwi Sulistiyani said...

Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails